Saturday, September 06, 2008

TENTUKAN TUJUAN

Langkah pertama dalam pengelolaan waktu Anda adalah mengetahui apa yang Anda perlu atau ingin di capai.

Tujuan adalah hasil akhir yang menjadi arahan Anda dalam mengarahkan waktu, energi dan sumber daya. Tujuan itu harus mendefinisikan hasil dan maksud.
Mengapa menetapkan tujuan ?
  • Tujuan membuat manajemen waktu bermakna.
  • Tujuan memberikan poin-poin yang terfokus dengan jelas untuk bertindak.
  • Tujuan mengidentifikasi peluang khusus untuk perbaikan hasil.
  • Tujuan menentukan gambaran atau arah yang jelas untuk mencapai hasil-hasil tersebut.
  • Tujuan memperbaiki kinerja dengan menetapkan akuntabilitas untuk hasil.
  • Tujuan memberikan struktur untuk mencapai hasil yang Anda inginkan.
  • Tujuan meningkatkan komunikasi dengan mensosialisasikan kesepakatan bersama mengenai apa yang diharapkan.
  • Tujuan memberikan cara yang adil untuk menganjar kesuksesan.


Langkah pertama dalam menetapkan tujuan Anda adalah dengan melihatnya
dalam pikiran Anda. Pejamkan mata Anda dan gambarkan akan seperti apakah hasil suatu tugas atau proyek pada saat Anda menyelesaikannya. Kemudian, bekerja mundur dan catatlah saat Anda mulai. Yang menjadi masalah besar adalah orang cenderung mengabaikan langkah-langkah. Anda mengurangi kemungkinan melakukannya apabila benar-benar dapat melihat hasilnya dalam pikiran Anda.

Perhatikan anjuran saya. "Catatlah pada saat Anda mulai." Ada suatu hubungan langsung antara jumlah yang Anda catat mengenai tugas atau proyek Anda dengan kemungkinan keberhasilannya: semakin banyak Anda mencatat, semakin besar komitmen Anda dan semakin tinggi kemungkinan untuk sukses.

Mengapa? Karena mencatat membantu Anda menjelaskan tugas atau proyek Anda dan tujuan Anda menjadi lebih nyata kalau Anda membuatnya hitam di atas putih. Dan karena kita bersifat visual, dengan melihat catatan maka komitmen Anda menjadi semakin jelas.
Kemudian, saat Anda menyelesaikan setiap tugas atau bagian dari suatu proyek, tandai atau coret bagian itu. Bukti nyata yang dapat di lihat membuat Anda merasa sukses. Semakin banyak Anda mencatat, akan semakin banyak yang akan Anda selesaikan dan semakin banyak kesuksesan yang akan Anda capai. Jika Anda tidak mencatat semua langkah sesuai rencana Anda, Anda tidak akan memperoleh rasa bangga yang layak Anda dapatkan.


Tiga poin berikut ini penting dalam menetapkan tujuan:
Pahami bagaimana pekerjaan Anda dapat berfungsi dalam mencapai sesuatu yang lebih besar. Ketahui tujuan tim, inti bisnis, dan organisasi Anda. Kemudian, putuskan bagaimana Anda dapat membantu untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Ketahui apa yang penting bagi pimpinan Anda: Pimpinan Anda mendatangani slip gaji Anda, mengevaluasi kinerja Anda, dan memutuskan kenaikan gaji dan promosi. Jadi apa yang paling penting bagi orang yang paling penting? Apabila Anda tidak tahu apa yang penting bagi pimpinan Anda, bagaimana Anda membuat prioritas ?
Tanyakan ekspektasi pelanggan internal maupun eksternal Anda: Anda mungkin akan mendapatkan wawasan yang bernilai mengenai hasil seperti apa yang harus Anda targetkan berdasarkan tujuan-tujuan Anda.

"Anda harus berhati-hati apabila tidak tahu kemana akan melangkah karena Anda mungkin tidak akan sampai di sana."

No comments: