Saturday, September 06, 2008

MENGORGANISASIKAN AGAR SUKSES !

Tujuan dari bahasan ini adalah memberikan tips, alat, ide dan strategi yang dapat Anda terapkan, untuk tercapainya kemajuan yang segera dapat dilihat dan diukur, baik ditempat kerja maupun dirumah. Topik ini akan membantu Anda menggunakan sistem apapun yang sedang Anda gunakan sekarang ini dengan lebih efektif.
Banyak seminar manjemen waktu yang berbicara tentang kemampuan untuk mengubah waktu dan kenyataan. Tampaknya itu tidak praktis. Alih-alih bertindak seperti ikan salmon yang berenang melawan arus, ikutilah arus-tapi tambahkan struktur dan disiplin.
Topik ini bertujuan membuat Anda menganalisis penggunaan waktu Anda dan menjawab pertanyaan ini: Mengapa Anda melakukan apa yang sedang Anda lakukan ketika Anda sedang melakukannya ?

Ikutilah tiga langkah berikut ini:
  • Catat waktu Anda (pekerjaan dan pribadi) selama satu minggu. Anda akan terkejut jika mengetahui berapa banyak waktu disita oleh tugas-tugas dan aktivitas.
  • Kemudian analisis temuan Anda. Identifikasi aktivitas yang tidak perlu lalu hilangkan.
  • Temukan atau ciptakan waktu yang dapat Anda blokir untuk tugas-tugas yang penting atau aktivitas yang memberi hasil besar. Kadang tugas dan aktivitas ini tertunda karena hal-hal yang relatif kurang penting atau bahkan tidak perlu.

Jika telah mencatat waktu satu minggu, Anda semestinya melihat pola alam Aktivitas, tugas, interupsi, dan peristiwa yang tidak terencanakan. Setelah Anda melihat pola-pola tersebut, gunakan strategi yang dibahas didalam topik ini untuk menanganinya dengan cukup lebih efektif.
Kuncinya adalah tindakan. Pilih dua atau tiga ide atau strategi pada suatu waktu dan laksanakan ide atau stragei itu sampai menjadi kebiasaan. Kemudian ambil dua atau tiga lagi dan laksanakan hingga menjadi kebiasaan. Pada setiap ahir minggu, tanyalah diri Anda sendiri apa yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik pada minggu yang akan datang. Selain itu, sadarilah bahwa penghematan waktu itu melibatkan dua aspek:

  • Memperbaiki keterampilan manajemen waktu Anda.
  • Melatih orang lain supaya keterampilan manajemen waktu mereka tidak mengganggu manajemen waktu Anda.

"Topik ini diperuntukan orang yang ingin menjadi lebih efisien, melakukan lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat, dan mempunyai keseimbangan dalam hidup."

No comments: