Saturday, September 06, 2008

RENCANAKAN HARI YANG BERSEMANGAT

Pada penghujung hari, ketika membuat jadwal untuk hari berikutnya, rencanakanlah suatu pagi yang bersemangat. Rata-rata orang mengawali harinya dengan menghabiskan satu sampai tiga jam untuk mengurusi e-mail, kotak suara, dan telepon masuk dan bertukar sapa dengan pimpinan dan yang lain—"membangun relasi." Kurangi ini menjadi 15 sampai 30 menit sehingga Anda dapat lebih cepat melaksanakan "veggie" yang pertama. Itulah disiplin!

Cek e-mail dan kotak suara Anda hanya untuk "veggies". Tambahkan "veggies" itu kedalam daftar Anda. Kemudian, tutup e-mail dan non-aktifkan fitur notifikasi, hidupkan fasilitas kotak suara pada telepon Anda, lalu masuklah ke daftar Anda.

Sisihkan waktu satu jam untuk "veggie" terbesar Anda. Tunda interupsi apa pun sehingga Anda dapat fokus. Kemudia, tutup "waktu veggie" Anda dan ceklah e-mail dan kotak suara Anda dan perbolehkan interupsi. Tangani masalah yang paling besar secepat mungkin. Gunakan 60 menit untuk menyelesaikan sebanyak mungkin permintaan.

Kemudian, tutup kembali e-mail, telepon, interupsi dan atasi "veggie" terbesar Anda berikutnya selama 60 menit. Setelah selesai, urusi e-mail dan telepon yang berprioritas lebih rendah. Balik ke kontrol kembali sebelum pergi makan siang.
Makan sianglah setelah orang-orang yang sering mengganggu kerja Anda; itu akan mengurangi interupsi mereka satu atau dua jam. Juga jangan bekerja dan makan secara bersama; dan sebenarnya jangan makan siang di meja Anda.

Gunakan pendekatan, struktur, dan disiplin yang sama untuk sore hari Anda.
Dengan membuat jadwal di sekitar "veggie", mengumpulkan tugas-tugas kecil (seperti telepon dan e-mail), dan tidak membiarkan interupsi dan "kebakaran" mengendalikan Anda, Anda akan bekerja lebih cerdik, bukan lebih keras. Dan jangan berkerja sampai larut malam: itu hanya akan membuat Anda lebih sulit untuk kembali bekerja tepat waktu dan segar untuk pagi yang bersemangat. Gunakan 10-15 menit terakhir untuk persiapan hari berikutnya.

Senin pagi adalah waktu yang kritis. Sebuah awal yang baik lebih memungkinkan minggu tersebut berjalan lebih mudah dan mengalir lebih baik. Jangan menjadwalkan rapat atau converence call pagi-pagi pada hari senin.
Jangan merencakan terlalu banyak. Kita cenderung menilai lebih banyak rata-rata 20 % jumlah waktu yang di perlukan suatu tugas. Sisakan ruang pada jadwal Anda untuk interupsi, rapat mendadak dan masalah yang tidak diduga sehingga Anda tidak kewalahan dan gagal menyelesaikan semua hal.

Gunakan siklus tenaga Anda untuk keuntungan Anda: Paling sedikit kita memiliki tiga siklus energi dalam satu hari. Untuk 75 % dari kita, energi yang paling kuat adalah di pagi hari, berikutnya di sore hari, dan yang paling lemah pada malam hari. Gunakan pagi Anda dengan lebih efektif dan kurangi kesempatan Anda harus berjaga sampai larut malam.
Buat jadwal dengan cerdik: Pada saat merencanakan hari Anda, carilah cara-cara untuk menyusunkan dengan lebih baik dan bekerja dengan lebih disiplin. Letakkan "veggies" di pagi hari dan sisakan ruang untuk interupsi dan yang tidak terencana.

Mulai lebih awal dan pulang tepat waktu: Itu lebih cerdas daripada mulai dengan tepat waktu dan pulang terlambat. Anda dapat menyelesaikan lebih banyak sebelum yang lain tiba—dan Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga di malam hari. Keluarga lebih memperhatikan yang pulang terlambat dari pada yang berangkat pagi.

"Perlu waktu yang lama bagi saya untuk menyadari bahwa orang lain memanfaatkan waktu terbaik saya untuk menyelesaikan perkerjaan. Mereka mereduksi waktu terproduktif saya menjadi sebuah ‘jerawat’—dan saya membiarkannya."

No comments: