Saturday, September 06, 2008

CARILAH LEBIH BANYAK WAKTU UNTUK DIRI ANDA

Jika Anda ingin menyelesaikan semua perkerjaan sehingga dapat pulang ke rumah dua jam lebih awal, Anda harus membuang aktivitas sebanyak dua jam. Anda tidak akan mendapat waktu dua jam dalam satu tempat; yang lebih mungkin adalah lima menit di sini dan sepuluh menit di sana.
Mulai dengan menelaah bagaimana Anda menghabiskan waktu. Lihatlah tugas-tugas pada daftar induk daftar harian dan pertimbangkan semua tugas yang tidak terjadwal.

Ajukan dua pertanyaan berikut ini untuk setiap tugas:
  • Apakah ini merupakan penggunaan waktuku yang terbaik?
  • Apakah saya mengerjakan tugas yang tepat waktu pada waktu yang tepat?

Anda harus mengkategorikan tugas-tugas yang Anda tangani:

  • Yang manakah yang dapat dihilangkan?
  • Yang manakah yang menyita lebih sedikit waktu?
  • Yang manakah yang dapat didelegasikan?
  • Yang manakah yang dapat digabungkan dengan tugas serupa?

Analisis ini semestinya menyarankan cara untuk mengatur waktu Anda dengan lebih baik pada waktu yang akan datang. Bagaimana Anda dapat membaut rencana, mengorganisasikan, dan membuat prioritas dengan lebih baik? Apakah Anda mengerjakan semua tugas tetapi tidak ada yang tepat? Cobalah untuk benar-benar jujur mengenai apa yang Anda dapat kembangkan.
Kunci bagi kebanyakan orang adalah mulai di pagi hari.

Jika Anda adalah orang yang bangun pagi, saat itulah Anda dapat memperolah produktivitas yang peling besar. Jika tidak, lihatlah sore hari. Yang terbaik adalah awal sore; umumnya merupakan kekeliruan jika tugas-tugas yang penting ditunda sampai sangat sore atau mencoba mengerjakannya setelah jam kerja.


Bagaimana Anda menset setiap hari sehingga Anda dapat mulai lebih cepat, bekerja dengan lebih disiplin, dan mengerjakan lebih banyak di pagi hari? Lebih baik mengatur sebelum berangkat kerja daripada setelah Anda sampai di tempat kerja. Minimalkan waktu yang Anda habiskan untuk "membina relasi" di pagi hari.


Berikut ini tiga rekomendasi untuk menemukan waktu:
Antisipasi masalah: Buat jadwal dengan realitas, waspadalah akan hal-hal yang mungkin akan melenceng, bukan dengan optimis. Anda lebih mungkin dapat melakukan tugas dengan benar dan tidak menyia-nyiakan waktu saat masalah mengejutkan Anda.
Lindungi waktu "veggie" Anda: Anda seharusnya memiliki dua "jam bersemangat" setiap hari. Saya menyarankan pagi hari, seperti yang saya gariskan dalam bagian "Rencanakan hari yang bersemangat". Saat inilah seharusnya Anda mengerjakan "veggie" Anda.
Gabungkan aktivitas serupa jika mungkin: Mungkin lebih efisien untuk menangani (membaca dan menulis) e-mail, menjawab kotak suara, dan menelepon nomor-nomor lain dalam gabungan waktu—15 menit sebagai penyela waktu atau satu jam di antara tugas-tugas yang lebih besar.


"Kita tidak akan pernah memiliki waktu lebih. Kita memiliki, dan selalu memiliki, semua waktu yang ada."

No comments: